Selasa, 05 Maret 2013

TENTANG CINTA DAN PERNIKAHAN



Bagi mereka yang belum menikah, cinta selalu dilukiskan begitu menawan seindah syair lagu dan puisi. Pernikahan sering dianggap sebagai pintu gerbang menuju sorga dunia, sebuah taman yang penuh warna-warni keindahan, semerbak bunga-bunga bahagia, wewangian cinta kasih dan sejuknya kedamaian. 
Padahal pernikahan justeru merupakan kehidupan nyata yang penuh liku dan terjalnya perjalanan panjang nan panas berdebu, yang menguras peluh dan air mata, bahkan tak jarang jauh dari harum dan wanginya surga. Pernikahan adalah sebuah pilihan hidup yang dipenuhi rumitnya persoalan, yang menguji iman dan keteguhan dalam menanggung beratnya beban tanggung jawab dan kesiapan menjalani apapun sebagai suratan takdir. 
Pernikahan selalu menyuguhkan dua sisi, suka dan duka, kemudahan dan kesulitan, juga sisi indah dan sebaliknya. Keindahan dan kebermaknaan cinta hanya akan diperoleh setelah seseorang mampu menerima kenyataan dengan penuh tawakkal, ikhlas, selalu membuka pintu maaf dan pengertian, serta istiqamah mengarahkan langkah dan pandangan pada sisi-sisi yang pantas disyukuri.