Minggu, 03 Maret 2013

6 HAL YANG DIRASAKAN SESEORANG PADA MANTAN PACARNYA

Ketika mendapati pasangan kita telepon, SMS-an atau bertemu dengan mantan pacarnya, kadang kita menduga ada "sesuatu" antara si dia dengan mantannya. Kalau tidak merasa punya hubungan khusus si dia juga pasti akan mati-matian menyangkal menyangkal atau membela diri habis-habisan, hingga menimbulkan perdebatan yang tidak nyaman, bahkan tidak jarang berakhir dengan keretakan hubungan.
Itu sebabnya, sebagian pakar percintaan tidak menganjurkan kita menjalin hubungan dengan mantan pacar. Setelah pernah menautkan perasaan dengan seseorang, kita pasti punya beberapa perasaan khusus yang tak mudah hilang. Intensitas perasaan tersebut tentu saja berbeda-beda antara satu pasangan dengan yang lain, tergantung intensitas hubungan yang pernah dirajut. Di antara perasaan tersebut adalah:
1.   Masih Teringat
Memiliki kekasih adalah pengalaman istimewa bagi sebagian besar orang. Berbagai pengalaman suka duka yang pernah kita rasakan tidak mungkin hilang begitu saja, kecuali kita mengalami hilang ingatan. Rekaman peristiwa itu akan tersimpan dalam memori hati dan pikiran kita, hingga kapanpun, yang sesekali mungkin akan muncul kembali.
2.  Masih ada Rasa
Ketika menyukai seseorang pada dasarnya kita memang menyukainya. Rasa itu mungkin tertutup oleh berbagai memori lain yang kita alami sesudah berpisah dari mantan pacar, tetapi tidak mungkin bednar-benar hilang begitu saja.
Rasa suka atau sebaliknya akan tetap bersemayam di hati kita untuk selamanya, meski seiring perjalanan waktu, kita mungkin tidak lagi berharap meningkatkan rasa suka itu menjadi rasa ingin memiliki, kecuali ada momen-momen tertentu yang membuat kita ingin mengulang kembali rasa yang pernah ada. Misalnya, kita ingin menghibur diri atau berselingkuh dengan sang mantan ketika hubungan kita dengan pasangan saat ini bermasalah, atau kita ingin kembali padanya ketika kita merasa kembalimenemukan  kecocokan dan sepakat menjalin hubungan lagi.
3.  Masih Kangen
Rasa yang pernah ada membuat kita pada saat-saat tertentu ingin tahu keadaan sang mantan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Berita tentang sang mantan memiliki daya tarik tersendiri untuk di-upd date. Seseorang akan menyambut baik setiap info tentang sang mantan yang diperoleh melalui kolega, teman lama atau keluarga sang mantan. Tidak jarang seseorang mengintip laman fb atu twitter mantan sekedar melihat kabar terbaru dan wajah sang mantan di dunia maya. Pada dasarnya seseorang masih ingin tahu kondisi sang mantan, tetapi kebanyakan tidak ingin orang lain termasuk sang mantan tahu yang dia rasakan.
4.  Masih Ingin Kontak
setelah menjalani hidup bersama orang baru kadang kita ingin tetap berteman dengan sang mantan. Apalagi bila sebelumnya kita berpisah secara baik baik. Kita sebenarnya tetap tidak ingin kehilangan mantan sekalipin konteksnya tinggal berstatus pertemanan. Apalagi berteman dengan mantan selalu memberi sensasi tersendiri. Perasaan pernah bersama membuat cita rasa pertemanan sedikit berbeda dari pertemanan pada umumnya. Hanya saja kekuatiran akan merusak perasaan pasangan saat ini membuat kebanyakan orang membatasi pertemanan dengan sang mantan kekasih.
5.  Kuatir Pasangan Tahu
Berteman dengan mantan pacar memberi sensasi layaknya perselingkuhan, atau lebih tepatnya perselingkuhan emosional. Apalagi kalau hubungan dengan sang mantan dilakukan secara diam diam tanpa sepengetahuan pasangan. Tak dapat dipungkiri bahwa berhubungan kembali dengan mantan sedikit banyak membangkitkan perasaan cinta yang pernah ada. Getar-getar perasaan pasti masih turut mewarnai jalinan pertemanan dengan sang mantan sekalipun ditekan dalam-dalam.
6.  Masih Suka Menggoda dan Digoda
Seseorang yang pernah mengisi hati kita punya tempat berbeda di hati kita saat tak lagi bersama. Ketika seseorang menjalin kembali komunikasi yang intensif dengan sang mantan, maka sulit dihindari kecenderungan tidak mengusik kembali kenangan lama atau perasaan yang pernah ada. Sesekali pasti ada momen yang membuat mereka terbawa pada kecenderungan untuk saling goda, dan merasa senang bila digoda, apalagi kalau rasa itu masih kuat bersemayam di hati.