Senin, 08 Juli 2013

TANDA HUBUNGAN TAK BAHAGIA

Apakah kamu bahagia dengan pasangan kamu? Jawabannya mungkin iya, tidak, atau kabur, sebab kebahagiaan adalah masalah batin yang berifat rumit, dan sering kali tak mudah dipahami oleh setiap pasangan. 
Itu sebabnya, tak semua pasangan yang dari luar tampak tenang tak ada masalah sebenarnya merupakan pasangan bahagia. Ada banyak alasan bagi pasangan untuk memilih tetap bersama meski sebenarnya tidak bahagia dengan kebersamaannya, seperti menjaga nama baik keluarga, anak atau alasan ekonomi. Di antara tanda pasangan tak bahagia adalah sebagai berikut.
1.   Enggan bicara perasaan 
Hubungan pria dan wanita pada dasarnya bersifat emosional. Mereka bersama karena rasa yang mengikat perasaan di antara mereka. Tak bicara soal perasaan berarti menempatkan pasangan sekedar teman kerja, bukan sahabat batin. Bila keengganan bicara soal perasaan karena tidak ada yang dipermasalahkan atau tidak biasa melakukannya, mungkin masih dibilang bahagia, tetapi bila sengaja dihindari karena menimbulkan konflik dan membangkitkan emosi, maka itu dapat menjadi pertanda hubungan sedang tak bahagia. 
2.   Ada topik yang dihindari
Kebahagiaan identik dengan kenyamanan bersama. Pasangan dapat membicarakan topik apa saja dengan antusias dan tanpa beban. Bila ada topik-topik tertentu yang harus dihindari karena selalu berujung konflik dan pertengkaran, itu menandakan ada yang salah dalam hubungan itu. Ibarat tubuh manusia, tubuh yang sehat tak akan terasa sakit bila disentuh, dan bila ada bagian tertentu yang dihindari karena sakit bila disentuh, itu pertanda ada yang tidak sehat. 
3.   Tak nyaman mendengarkan 
Pasangan ideal adalah orang yang tertarik untuk menjadi pendengar setia bagi pasangannya. Ketika pasangan merasa bosan mendengarkan ocehan pasangan, maka itu pertanda ada yang salah yang membuat salah satu atau keduanya merasa tak nyaman.
4.   Enggan mendekat
Kebersamaan, kedekatan selalu menjadi momen yang membahagiakan bagi pasangan bahagia, tetapi ada kalanya pasangan mulai enggan mendekat. Pasangan tak bahagia lebih suka dengan dunianya sendiri, semisal sang wanita di kamar, sedang yang pria memilih di depan TV, bukan karena minat dan kesibukan yang dapat dimaklumi tetapi karena merasa tak nyaman berduaan.
5.   Enggan bicara
Bicara adalah sarana mengekspresikan perasaan antar pasangan. Ketika seseorang tak suka bicara dengan pasangannya, lebih memilih diam dibanding bicara, itu pertanda dia tak tertarik berbagi perasaan dengan yang lain. Pasangan yang tak merasa nyaman bicara merupakan awal menjauhnya perasaan keduanya.
6.   Enggan Bercanda
Bercanda adalah momen yang dapat mendekatkan pasangan. Kelakar, humor atau tertarik pada tontonan lucu bersama-sama merupakan momen yang mendekatkan. Apalagi bila masing-masing saling menggoda satu sama lain. Bila pasangan tak lagi tertarik untuk saling menggoda, maka itu pertanda hilangnya daya tarik di mata pasangannya.
7.   Tak suka pasangan tahu
Mungkin anda atau pasangan hanya bicara hal biasa saat telepon dengan teman lama. Anda tak perlu menghindar jauh dari pasangan kecuali bermaksud tak ingin mengabaikannya. Bila hal biasa saja anda jauhkan dari pasangan, atau pasangan tak boleh tahu, maka itu artinya anda punya zona tak nyaman di hadapan pasangan.
8.   Memendam rahasia 
Pasangan bahagia adalah mereka yang menyatukan dunianya dengan pasangannya. Tak ada rahasia yang perlu ditutupi atau disembunyikan dari pasangan, sebab pasangan bahagia pasti dapat saling menggerti dan tidak mempersoalkannya. Ketika ada sesuatu yang Anda sembunyikan dari pasangan karena kuatir jadi masalah artinya anda telah memisahkan dunia batin anda dari pasangan.
9.   Enggan Bermesraan
Saling menggoda, saling raba dan bermesraan merupakan momen terindah pasangan bahagia. Tak seperti binatang yang hanya mengikuti daur hormonalnya, manusia dapat melakukan sesi kemesraan kapan saja. Bila momen itu tak lagi ada, maka itu pertanda sudah tidak tertarik lagi pada pasangannya.
10.  Enggan Bercinta
Bercinta bukan hanya soal menyalurkan hasrat birahi, tetapi juga merupakan pengikat batin pasangan. Ketika pasangan semakin jarang, apalagi tidak lagi bercinta karena tak tertarik lagi pada pasangannya, maka itu pertanda mereka telah menjadi orang lain meski tetap bersama.
11.  Mengidealkan orang lain
Ketika memilih seseorang menjadi pasangan, sosok tersebut tentunya merupakan pelabuhan terakhir bagi hati anda dan begitu pula sebaliknya. Bila ternyata kehadirannya tak mampu menghapus sosok lain yang lebih anda idealkan, maka itu pertanda anda bukan pasangan bahagia.
12.  Memilih curhat dengan orang lain
Pasangan bukan semata tempat menyalurkan hawa nafsu, tetapi juga mencurahkan segala rasa dan persoalan. Bila anda memilih orang lain sebagai tempat bicara, apalagi orang itu lawan jenis anda, maka itu pertanda anda tak lagi mempercayainya. Anda saja si dia tahu, maka si dia pasti kecewa.