Senin, 09 Juni 2014

BELAJAR DARI TEMAN

Sebelum Alim seperti itu apakah istrinya merasa bahagia? Bila tidak, maka itu berarti sejak awal ada masalah yang dirasakan oleh keduanya tetapi tidak pernah terselesaikan. Pada dasarnya mereka saling memendam ketidakkecocokan, tetapi mereka memilih bertahan. Cepat atau lambat ketidakcocokan itu akan muncul ke permukaan dalam bentuk konflik.
Bila selama ini istrinya merasa bahagia, berarti ada hal-hal pada diri Umi yang tidak nyocoki atau tidak dapat diterima oleh Alim tetapi tak pernah diselesaikan. Dengan kata lain, selama ini Alim itu ada hal-hal yang membuat tidak bahagia, tidak nyaman, atau tertekan, tetapi tidak dipahami oleh istrinya. 
Masalah itu mungkin awalnya hanya satu hal. Karena tidak segera terselesaikan, akhirnya bertumpuk-tumpuk dengan hal-hal lain, sehingga Alim sendiri kian sulit membedakan masalah inti dan bukan.
Akibat dari hubungan seperti ini ada dua kemungkinan, pertama Alim menjadi tertutup karena tertekan, atau sebaliknya dia menjadi pemarah, impulsif dan kasar dan kehilangan rasa hormat. Beban tersembunyi di hati Alim selama ini meledak dalam bentuk sikap dan perilaku yang tidak berkenan buat istrinya.
Solusinya tidak mudah, sebab penghalang utama penyelesaian masalah hubungan suami-istri terletak pada ego masing-masing. Apabila keduanya merasa tak bahagia, maka solusinya harus menundukkan ego masing-masing untuk saling mendengar dan menyelesaikan keluhan yang tak pernah terungkapkan.  
Berbeda halnya bila istrinya masalah itu hanya dirasakan oleh salah satu pihak. Pihak yang merasa tidak ada masalah (istri) harus mau belajar memahami bahwa pasangannya sedang tidak bahagia. Masalahnya, apakah istrinya mau? Kalau dia mau, mungkin ada harapan untuk memperbaiki, dan kalau tidak, berarti harus terima semua itu apa adanya.
Masalahnya, tidak ada orang yang mau dianggap sebagai penyebab ketidakbahagiaan orang lain. Bila istrinya mau dan mampu memahami, maka dia akan dapat mendiskusikan solusi atau jalan tengah yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.
Tidak ada solusi sempurna untuk setiap masalah, tetapi solusi selalu ada.