Kamis, 30 Mei 2013

TANDA SI DIA MASIH MENCINTAI MANTAN KEKASIH

Setelah berpisah, atau bahkan setelah menjalin hubungan dengan orang baru, tak berarti perasaan cinta pada seseorang di masa lalu hilang begitu saja. Tak jarang rasa istimewa itu masih kuat meski status sudah berubah sebagai mantan kekasih. Rasa itu dipastikan masih bertahan bila keputusan untuk berpisah bukan dikarenakan ketidakcocokan, tetapi karena pertimbangan logis, seperti jarak, pekerjaan, atau terhalang restu orang tua.  
Meski hanya di hati, perasaan orang lain tentu sangat mengganggu bagi pasangan baru. Hubungan akan kehilangan arti bila seseorang mendapati pasangannya masih menyimpan rasa untuk orang lain di luar sana. 
Setiap orang pada umumnya menyangkal adanya rasa itu, tetapi beberapa hal berikut dapat dijadikan indikasi apakah si dia atau Anda sendiri masih memendam rasa pada seseorang di masa lalu atau tidak.
1.  Suka dekat dengan orang-orang terdekat mantan
Mungkin si dia tidak lagi kontak langsung dengan sang mantan, bukan berarti si dia sama sekali tak berminat. Bila si dia masih begitu antusias setiap kali bicara, bertemu atau sering kontak teman, keluarga atau orang-orang yang ada hubungannya dengan sang mantan, maka itu pertanda si dia masih ada rasa pada sang mantan. Si dia mungkin tidak enak hati untuk berhubungan langsung dengan sang mantan, tetapi sudah pasti tetap ingin berada dalam lingkaran kehidupan sang mantan. 
2.  Memberi Perhatian
Bila si dia dan sang mantan sudah tidak pernah saling bicara, bukan berarti si dia sudah tidak ada rasa. Ketika suatu kali si dia ketahuan masih mengirim ucapan selamat ulang tahun atau hari raya, itu pertanda si dia masih perhatian pada sang mantan. Si dia masih ingin terhubung dengan sang mantan sekalipun masih tetap ingin menjaga jarak.
Si dia masih ingin sang mantan tahu kalau dia masih mengingat hal-hal pribadi antara si dia dan sang mantan. Si dia ingin sang mantan tetap mengingatnya, sekalipun hanya saat-saat tertentu saja.
3.  Diam-diam Menghubungi
Bila ketahuan baru saja telepon atau saling SMS dengan sang mantan, si dia pasti bilang hanya berteman. Bahkan kalau Anda mendapati si dia begitu sering kontak sang mantan atau bahkan janji bertemu, jawabannya juga pasti sama, berteman. Padahal, ini pertanda paling jelas bahwa si dia benar-benar masih mencintai sang mantan. 
4. Cemburu
Saat si dia terlihat sedih atau uring-uringan, cobalah cari tahu ada apa dengan sang mantan. Kalau ternyata sang mantan baru saja punya kekasih baru atau menikah, sangat boleh jadi si dia sedang cemburu pada mantannya. Bisa jadi si dia baru saja ngobrol atau mendapat berita soal sang mantan yang membuatnya tetap cemburu, dan itu adalah pertanda si dia masih cinta.  
5. Menggoda sambil bercanda
Mungkin anda tahu dan tak keberatan si dia kontak sama sang mantan. Bila mereka hanya saling bertukar kabar, mungkin mereka cuma masih saling menaruh perhatian, tetapi kalau candaan mereka sesekali bersifat menggoda itu pertanda rasa di antara mereka masih sangat kuat. 
6. Berusaha Sok Bahagia di Depan Mantan
Di hadapan sang mantan biasanya orang membual dengan cerita-cerita indah. Beberapa hal dikesankan begitu indah dibanding saat bersama. Tanpa mereka sadari sebenarnya keduanya saling menunjukkan ego untuk membuat yang lain cemburu. Itu juga pertanda cinta yang penuh harap yang dinyatakan dengan cara berbeda.  
7. Berlomba sukses dengan sang mantan 
Ketika si dia bercerita pada Anda betapa sang mantan tak lebih beruntung hidupnya, itu juga menjadi pertanda si dia masih cinta. Si dia tanpa sadar berlomba dengan sang mantan tentang siapa yang lebih beruntung hidupnya. 
8.  Menjaga Perasaan Sang Mantan
Saat anda dan si dia berkonflik tentang sang mantan, si dia mungkin berusaha menutupi ketidaksukaan anda pada mantannya. Atau saat anda menjelekkan sang mantan tetapi si dia berusaha membelanya, maka sikap itu menunjukkan bahwa si dia masih tetap ingin menjaga sang mantan di hadapan Anda dan orang lain, sebagai si dia menjaga cinta kasihnya pada sang mantan. 
9.  Menjaga Komitmen dengan Sang Mantan
Ketika anda si dia berusaha mempertahankan prinsip atau sesuatu yang ternyata ada kaitannya dengan komitmen si dia dengan sang mantan, itu juga pertanda masih kuatnya ikatan si dia dengan sang mantan. Misalnya anda meminta si dia memutuskan hubungan dengan sang mantan, tetapi si dia menolak karena ada komitmen untuk tetap berhubungan, itu pertanda sang mantan masih begitu berarti baginya.
10.  Menyimpan "Sesuatu" Yang Berhubungan dengan Sang Mantan
Si dia memang tak pernah lagi berhubungan dengan sang mantan, tetapi si dia masih menyimpan benda-benda pemberian sang mantan, menyukai musik, lagu atau film yang populer saat masih bersama sang mantan, itu merupakan pertanda sang mantan masih bertahan dalam memori si dia. Sang mantan adalah "sesuatu yang indah" buat si dia, sekalipun tinggal dalam kenangan.   
11.  Sharing dengan Sang Mantan
Ini adalah pertanda paling kuat keterikatan batin si dia dengan sang mantan. Saat Anda mendapati si dia suka berlari pada sang mantan setiap ada masalah, atau sekedar berbagi cerita dan info tak penting dengan sang mantan, itu pertanda sang mantan masih menjadi curahan hati terdekat si dia.